Sebagai seorang pebisnis, marketing merupakan hal yang sangat krusial. Anda memerlukan sebuah marketing plan yang dapat dijalankan dengan efektif dan efisien untuk menjangkau audience yang lebih luas. Membuat marketing plan tidak bisa sembarangan, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan menjadi bagian dari cara membuatnya. Berikut uraiannya!
Tahapan Penting Dalam Membuat Marketing Plan
1. Menentukan Visi Dan Misi
Hal pertama yang harus anda lakukan jika ingin membuat sebuah marketing plan adalah menentukan visi dan misi bisnis terlebih dahulu. Visi misi ini harus dibuat dengan spesifik, agar strategi pemasaran yang akan disusun menjadi lebih terarah. Jika semuanya dipikirkan dengan matang, maka hasil yang didapat juga akan lebih efektif.
Visi dan misi perusahaan bisa anda susun dengan cara menentukan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan dari perusahaan. Adapun syarat visi misi yang baik adalah harus berorientasi pada masa depan dan merupakan bentuk dari kreativitas bisnis. Selain itu, misi usaha harus dibuat dengan detail dan harus tetap berpegangan dengan Visi yang telah ditetapkan.
2. Menentukan Target Pasar Atau Konsumen
Cara membuat Marketing plan yang berikutnya adalah menentukan target pasar. Anda tidak akan pernah bisa dibuat rencana tersebut jika belum memilih siapa target pasar yang hendak dijangkau. Dengan adanya target, maka pemasaran produk bisa dilakukan dengan lebih fokus. Jika semuanya terarah, maka sasarannya bisa didapat dengan lebih cepat.
Salah satu cara paling baik untuk pembentukan siapa target pasar adalah dengan membuat buyer persona. Perangkat yang satu ini, merupakan representasi dari tipikal target yang biasanya tertarik dengan bisnis anda. Buyer persona ini didalamnya terdapat berbagai data, seperti jenis kelamin, umur, kepribadian, dan masih banyak lagi.
3. Membuat Strategi Konten
Strategi konten masuk dalam salah satu komponen penting dalam bisnis, yang didalamnya memuat informasi terkait dengan marketing plan. Untuk membuat strategi konten, anda perlu membagi calon pembeli dalam tiga tahapan, yaitu awareness, consideration, dan decision. Cara membuat marketing plan ini akan membuat semuanya lebih jelas dan tersusun rapi.
Di tahapan awareness, konsumen menyadari bahwa mereka memiliki kebutuhan akan sebuah produk. Sedangkan di tahapan consideration, mereka mulai menimbang layanan yang akan mereka pilih. Di tahapan ini, anda perlu membuat konten seperti video, live interaction, dan lain sebagianya. Kemudian di tahapan akhir, adlaah decision. Konsumen mulai memutuskan untuk membeli produk. Anda perlu memberikan konten berupa review produk atau promo diskon.
4. Mengenal Competitor
Mengenal saingan masuk dalam bagian dari marketing plan yang harus diperhatikan. Anda perlu tahu, tren apa yang sedang hits di industri anda. Dengan begitu, anda dapat membuat sebuah kampanye bisnis yang sesuai dengan kondisi terkini. Informasi semacam itu, hanya bisa anda dapatkan jika mengenal siapa kompetitor yang anda miliki, dan apa yang mereka lakukan.
Cara membuat marketing plan ini dilakukan agar anda bisa mengambil langkah tepat agar tidak ketinggalan jaman. Bukan berniat untuk memata mayai atau plagiasi, anda hanya melihat ke arah mana bisnis di bidang ini sedang berkembang. Anda perlu menyesuaikan bisnis dengan perkembangan itu dengan marketing plan yang akan dilakukan agar lebih efektif.
Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat hendak membuat sebuah marketing plan. Pastikan anda telah mempertimbangkan hal hal yang telah disebutkan tadi, agar hasil marketing plan nya membuahkan hasil yang positif. Bahkan saat ini, sudah banyak jasa marketing yang menyedikan bantuannya untuk membuat produk anda semakin terkenal.