4 Manfaat Kegiatan Ekspor Impor Terhadap Suatu Negara

Kegiatan perdagangan internasional seperti ekspor dan impor, banyak dilakukan oleh negara negara di dunia termasuk juga Indonesia. Ekspor sendiri adalah aktivitas atau kegiatan dalam menjual barang dan jasa ke luar negeri, sementara impor adalah kegiatan memberi barang dan jasa dari luar negeri. Lantas apa manfaat kegiatan ekspor impor ini ? Cek jawabannya berikut.

Manfaat dari Kegiatan Ekspor Impor

1. Mengenalkan Produk dalam Negeri

Salah satu manfaat dari kegiatan ekspor adalah memperkenalkan produk dalam negeri ke kancah internasional. Sebut saja seperti negara Jepang yang telah melakukan banyak kegiatan ekspor, sehingga terkenal dengan produk otomotifnya. Sementara ini, Indonesia belum memiliki ciri khas dalam bidang penjualan internasional. Sehingga melakukan ekspor akan sangat membantu.

2. Menambah Devisa Negara

Manfaat lain dari kegiatan ekspor yaitu menambah devisa negara. Hal ini terjadi karena aktivitas ekspor memungkinkan Indonesia untuk menjual produk ke berbagai negara, dalam hal ini transaksi pembayaran umumnya menggunakan dollar Amerika. Maka dari kegiatan tersebut bisa membuat devisa negara meningkat, yang berpengaruh juga terhadap kestabilan ekonomi.

3. Memperoleh Produk dan Jasa yang Tidak Ada dalam Negeri

Kegiatan impor juga memiliki manfaat tersendiri bagi negara, salah satunya yaitu memperoleh produk maupun jasa yang tidak terdapat di dalam negeri. Hal ini karena setiap negara sendiri mempunyai kondisi alam yang berbeda, sehingga hasil produk pun berbeda. Jadi dengan kegiatan impor ini, Indonesia bisa mendapat bahan yang sulit didapatkan di dalam negeri.

Hal ini juga berlaku bagi negara lain, contohnya Amerika yang tidak dapat menghasilkan kelapa sawit sementara Indonesia bisa menghasilkannya dengan banyak. Maka dengan adanya kegiatan impor, baik Indonesia maupun Amerika serta negara lainnya bisa saling melengkapi terhadap bahan atau barang yang tidak dimiliki satu sama lain.

4. Menjalin Kerjasama Antar Negara

Manfaat kegiatan ekspor impor sudah jelas yaitu menjalin kerjasama antar negara. Dimulai dari kegiatan perdagangan, maka negara negara yang bersangkutan akan memiliki hubungan yang semakin baik. Dengan banyaknya pertemuan, selanjutnya akan mempererat hubungan di tiap tiap negara yang melakukan kerjasama tersebut.

Selain itu masih banyak sekali manfaat dari kegiatan perdagangan internasional ekspor impor ini, seperti meningkatkan lapangan pekerjaan, memperluas produksi, memperoleh bahan baku, memperoleh teknologi yang modern, dan lain lain. Indonesia sendiri sudah semakin memperkuat komoditas ekspor yang dimiliki, untuk dikirimkan ke berbagai belahan negara di dunia.

Related Post