Pengertian Pelaku Ekonomi dan Pihak yang Termasuk di Dalamnya

Membicarakan masalah ekonomi memang seperti tidak ada habisnya, karena kegiatan ekonomi sendiri sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Di dalam kegiatan ekonomi tersebut, terdapat pelaku ekonomi. Pengertian pelaku ekonomi adalah individu maupun kelompok yang terlibat di dalam kegiatan ekonomi. Berikut pihak yang termasuk pelaku ekonomi.

Macam Macam Pelaku Ekonomi

1. Rumah Tangga Konsumsi

Rumah tangga konsumsi atau RTK merupakan pelaku ekonomi yang menjadi penyedia dari faktor faktor produksi, untuk pelaku kegiatan ekonomi lainnya. RTK tersebut dapat mendapatkan upah dari penyediaan faktor produksi yang dilakukan. Misalnya menawarkan SDA berupa lahan, atau menawarkan tenaganya sebagai SDM.

2. Rumah Tangga Produsen

Rumah tangga produsen atau  perusahaan merupakan salah satu pelaku ekonomi yang mempunyai peran sangat penting. Karena rumah tangga produsen ini merupakan pihak yang bertanggung jawab, dalam melakukan kegiatan produksi barang maupun jasa dengan berbagai macam cara. Seperti menjual hasil produksi, membayar upah dari faktor produksi yang digunakan.

3. Rumah Tangga Pemerintah

Salah satu pelaku ekonomi lainnya yaitu rumah tangga pemerintah. Sesuai dengan namanya, pelaku ekonomi satu ini berasal dari pemerintah yang melakukan kegiatan ekonomi untuk kepentingan masyarakat. Contoh dari kegiatan ekonomi yang dilakukan yaitu mengeluarkan UU untuk mendapatkan penghasilan (misalnya dari pajak).

4. Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri

Pengertian pelaku ekonomi satu ini yaitu pelaku ekonomi yang berasal dari negara lain. Pihak ini juga penting dalam keseluruhan kegiatan ekonomi, sebab sebuah negara tentunya akan saling bergantung dan bekerjasama dengan negara lainnya. Sebut saja seperti kegiatan ekspor impor yang dilakukan, contohnya barang barang elektronik dan lain sebagainya.

Selain barang, rumah tangga masyarakat luar negeri juga mendapatkan keuntungan dari bidang jasa serta investasi keuangan. Tenaga ahli dari Amerika Serikat yang datang ke Indonesia untuk mengajar merupakan contoh dari bidang jasa. Sedangkan pinjaman modal yang dilakukan oleh negara lain ke Indonesia, adalah contoh dari investasi keuangan.

Pada zaman sekarang, seluruh kegiatan pelaku ekonomi di atas banyak dibantu dengan teknologi yang semakin mutakhir. Di Indonesia, UKM atau industri usaha kecil dan menengah adalah salah satu tulang punggung ekonomi. Sehingga penting untuk para UKM ini untuk melek teknologi, agar operasional kegiatan ekonomi menjadi lebih mudah.

Related Post