Yuk Kenali Perbedaan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi di Sini

Ketika berbicara mengenai perekonomian suatu negara, istilah pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi juga turut dibahas. Akan tetapi, sebenarnya apa itu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi ? Sebab masih banyak yang belum mengetahui perbedaannya. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, simak ulasan berikut.

Pertumbuhan Ekonomi

Para ahli banyak yang telah mendefinisikan pertumbuhan ekonomi, seperti menurut Prof. Simon Kuznets, pertumbuhan ekonomi ini merupakan kenaikan jangka panjang. Yang terjadi dalam kemampuan suatu negara, untuk menyediakan penduduknya semakin banyak jenis barang ekonomi. Sementara Sadono Sukirno, yang merupakan tokoh ekonomi juga turut menjabarkannya.

Menurut Sadono Sukirno, pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses kenaikan output perkapita secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Jadi bisa dibilang bahwa pertumbuhan ini adalah kenaikan pendapatan nasional, wujud dari proses peningkatan kapasitas produksi suatu negara. Ini juga merupakan indikator keberhasilan dari pembangunan ekonomi.

Faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di antaranya yaitu ketersediaan tanah dan kekayaan alam, kualitas dan kuantitas mutu tenaga kerja dan penduduk, tingkat teknologi dan barang modal, sistem sosial atau gejala sosial dan sikap masyarakat. Meski keadaan masyarakat mempengaruhi, namun pertumbuhan ini tidak memperhatikan pertambahan penduduk.

Pembangunan Ekonomi

Sadono Sukirno juga menyebutkan definisi dari pembangunan ekonomi, yang membuat jelas perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Pembangunan sendiri merupakan sebuah usaha dalam meningkatkan pendapatan perkapita negara, dengan jalan yaitu mengolah kekuatan dari ekonomi potensial menjadi ekonomi riil.

Hal tersebut dilakukan dengan cara penanaman modal, penambahan pengetahuan serta peningkatan keterampilan, penambahan kemampuan berorganisasi dan juga manajemen, juga penggunaan teknologi. Faktor faktor yang mempengaruhi tingkat pembangunan ini yaitu SDA, SDM, sumber modal, sosial budaya, sistem pemerintah, dan infrastruktur.

Perbedaan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi ini yang paling signifikan yaitu, pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan sedangkan pertumbuhan ekonomi itu sendiri belum tentu akan disertai dengan pembangunan ekonomi. Selain itu faktor faktor yang mempengaruhi keduanya juga tidak sama.

Itulah perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi suatu negara. Dimana pembangunan ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Meski pertumbuhan ekonomi sendiri belum tentu mampu meningkatkan taraf hidup yang dimiliki penduduk, namun hal tersebut merupakan salah satu indikator keberhasilan dari pembangunan yang dilakukan.

Related Post